01 April 2011

Dunia dalam Sebuah Kotak Kecil

Ini kotak kecil itu...
Laptop / PC, modem dan simcard. Perpaduan antara ketiganya bisa menghadirkan dunia :)
Internet (interconnected-networking), jujur aku ga tau banyak tentang teknologi informasi dan komunikasi ini bekerja. Yang aku tahu, asal aku punya ketiga benda di atas atau bahkan hanya sebuah handphone, dengan mudah aku akan bisa menghadirkan isi dunia yang ingin aku tahu dan ingin aku dapat.


Jadi inget dulu pas tahun pertama masuk SMA, susah banget mau ngakses internet. Warnet ga sebanyak sekarang, modem juga belom ada. Jangankan modem, flashdick aja masih langka. Lagi musim-musimnya burning CD waktu itu, disket udah mulai ditinggalin.
Inget banget dulu aku suka ngumpulin duit jajan sekolah biar bisa ke warnet sering-sering. Jadi anak yang agak aneh ketika temen-temen pada heboh main ke mall, dan aku malah ke warnet :D
Sekarang, internet mulai membudaya di masyarakat kita, khususnya social networking, khususnya lagi facebook. :)
Siapa yang belom punya facebook?
Aktualisasi diri, puncak kebutuhan dasar manusia menurut Maslow. Sepertinya facebook sudah berhasil memfasilitasi pemenuhan kebutuhan dasar yang satu itu. Friendster tergeser, ga tau gimana bisa, tapi yang pasti facebook memang keren, aku sempet dibikin ketagihan di awal-awal daftar jadi member dulu.

Dan ini dia statistic dari socialbaker tentang pertumbuhan account facebook di dunia tahun 2010. Aku melongo beneran pas baca. Coba liat ini, negara kita ada di urutan ke berapa 'dunia' pengguna facebook




Lebih lengkap tentang pertumbuhan faceebok dunia klik ini , atau perkembangan facebook di Indonesia sendiri klik ini

Kalau liat dari situ bisa dong aku bilang kalau masyarakat kita adalah masyarakat yang paling sadar teknologi nomer 2 di dunia? :p
Seandainya dalam hal yang lain sama..
Yes, angka di atas itu gede. Sinkron sama kita dan orang-orang di sekitar kita yang selalu menyempatkan diri update status di sela-sela aktifitasnya.
Seiring dengan naik daunnya facebook, internet juga ikut naik daun. Warnet di mana-mana, modem saku juga di mana-mana.
Sekarang sebagian besar dari temen-temen (di kampusku) punya modem saku pribadi.
Dunia kita bener-bener ada dalam sebuah kotak kecil. Mau cari tugas kuliah, registrasi online, bagi jarkom, dan lain-lain hanya dengan 'klik', selesai. Internet bikin semua menjadi sangat praktis. Karena memang pasti semua orang suka sama yang praktis-praktis.
Ini yang di manfaatkan oleh sebagian orang untuk mengembangkan bisnis online. Banyak macamnya, mulai dari situs web komersial yang menyediakan berita-berita update setiap harinya, sampai dengan toko online.
Untuk pembayarannya?
Sekarang ada e-banking, dan hampir setiap bank punya fasilitas itu. Pembayaran belanja online, beli pulsa, bayar listrik dan lain-lain tinggal 'klik', ga perlu ke mana-mana.
Ini contoh tampilan e-banking dari bank mandiri:


Jadi, pengen belanja tapi males keluar rumah?? Online aja :D 

Inilah yang sekarang aku gelutin, belajar berbisnis online kecil-kecilan. Memanfaatkan banyaknya populasi facebook dan kebutuhan orang akan kepraktisan. :)
Mungkin aku akan bahas itu nanti di postingan selanjutnya.
Yang pasti, semakin kesini dunia semakin berada dalam sebuah kotak kecil. :)

4 KOMENTAR:

Lozz Akbar said...

Facebook emang jempolan, tapi bagi saya FS yang bisa memberikan pelajaran saya tentang HTML..

oh ya spoilernya itu bisa kok dihilangin garisnya biar lebih manis.. paddingnya rubah aja jadi nol

Nita Aprilia said...

waaaa... maksih ya tipsnya.. :)
akan dipraktekkan :D
Maklum nih aku buta HTML,,

nitawanita said...

aku praktekin di postingan terakhir kok tetep ada garisnya ya :(

Nay denature said...

obat penyakit kutil kelamin_21

Post a Comment

Silahkan berkata-kata di sini :)

 

Copyright © 2010 nitawanita | Blogger Templates by Splashy Templates | Free PSD Design by Amuki