08 June 2011

Angin Duduk Beda sama Masuk Angin


Satu lagi orang yang aku kenal meninggal karna angin duduk. Terakhir kami ketemu, almarhum keliahatan sangat sehat, badannya kekar. Ga heran karna memang almarhum hobi olahraga. Itu kenapa aku kaget pas dapet berita duka siang tadi. Cerita dari keluarganya, pagi tadi almarhum ngeluh pusing dan mual, badannya ga enak kayak masuk angin, ada sesak nafas juga. Beberapa jam kemudian almarhum meninggal. Keluarganya berspekulasi, almarhum meninggalnya karena masuk angin, angin duduk (mereka menyebut masuk angin yang udah parah sebagai 'angin duduk').
Angin duduk beda jauh dengan masuk angin, walaupun nama dan gejalanya mirip-mirip. Angin duduk disebabkan karna jantung, istilah medisnya angina pectoris salah satu Sindrom Serangan Jantung Koroner Akut (SSJKA).
Mungkin udah banyak yang bahas ini di tv, koran, dan internet. Apalagi setelah kejadian meninggalnya Adjie Masa'id. Serangan Jantung Koroner Akut (SSJKA), akut = dadakan = ga bisa diprediksi. Tapi sayang, ga banyak yang tau tentang angin duduk atau SSJKA ini, diperparah dengan kebiasaan masyarakat kita yang suka menahan atau meremehkan rasa sakit. Padahal dalam hitungan menit penyakit ini bisa berakibat fatal, bahkan bisa berujung kematian cuma dalam waktu 15 - 30 menit sejak serangan pertama.
Gejalanya dada sesak, nyeri ulu hati, keluar keringat sebesar jagung, dan badan terasa dingin. Banyak yang ga tau dan mengira ini masuk angin biasa. Penderita cuma di kerok dan minum obat masuk angin, tanpa tindak lanjut ke dokter. Atau di bawa ke dokter tapi terlambat. Seperti yang terjadi pada sodaraku tadi :(
Koreksi besar terhadap mitos yang berkembang di masyarakat selama ini, bahwa masuk angin hebat adalah penyakit yang berbahaya, bahkan bisa menimbulkan kematian - Guru Besar Bidang Ilmu Penyakit Dalam FKUI, Prof DR dr Teguh Santoso.SpPD
Intinya angin duduk atau SSJKA ini terjadi akibat penyempitan pembuluh darah, sehingga suplai darah ke jantung kurang. Penyempitan pembuluh darah sendiri penyebabnya antara lain:
  • Timbunan lemak (aterosklerosis) di pembuluh darah akibat konsumsi kolesterol tinggi
  • Sumbatan (trombosis) oleh sel beku darah (trombus)
  • Vasokontriksi (pembuluh darah mengkerut/menyempit) akibat kejang yang terus menerus
  • Infeksi pembuluh darah
Nah, dari penyebab SSJKA tadi pasti bisa menyimpulkan sendiri apa akar dari penyakit ini. Ya, gaya hidup! Apa aja makanan ayang kita konsumsi? kebiasaan olahraga kita gimana?. Jangan lupa juga ukur lingkar perut kita juga, karna di perut lemak-lemak menumpuk. Buat wanita lingkar perur maksimal 80cm, dan pria maksimal 90cm. 
Jaga pola makan, sebisa mungkin hindari makanan berkolesterol tinggi, junk food, dan perbanyak asupan buah juga sayuran ;)
Dan terakhir kalau menumui tanda-tanda SSJKA, segera ke Rumah Sakit untuk mendapatkan peranganan yang tepat dan cepat.
Semoga kita selalu diberi kesehatan dan kemauan untuk selalu hidup sehat
(dari berbagai sumber)
Share:

35 comments:

  1. Trims atas berbagi ilmu pengetanhuannya Sob !

    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  2. Sama-sama.. ^^
    Semoga ga bosan berkunjung dimari :)

    ReplyDelete
  3. sip dech......bermanfaat sekali nich!

    ReplyDelete
  4. Insya ALLAH bermanfaat banget niih.. makasiih kawan udah berbagi ilmu.. :)

    ReplyDelete
  5. terima kasih infonya,, nice posting ☺ ☺ ☺

    ReplyDelete
  6. owh bahsa keren angin duduk itu SSJKA ternyata ya

    ReplyDelete
  7. sangat bermanfaat, matur teng yu.. :)

    Btw, kenapa angin duduk? krn capek berdiri.. wakakak..

    ReplyDelete
  8. @ belo dan sofyan: sama2..! kita harus lebih jeli dan waspada sm tanda gelaja penyakit walo keliatannya biasa2 saja ;)sukses selalu

    @lozz: iya nih, senam SKJ kalah keren.. haha :D

    @kartun mania: ah bang kartun bisa aja,, :D kenapa duduk? karena ada kursi, kalo ga ada namanya lesehan :p

    ReplyDelete
  9. oooohhh,, baru tau nh.. gejalanya rada mirip masuk angin biasa ya..
    jadi takut nh,, soalnya sya sring sesak nafas n mendadak lemas setelah futsal :)

    ReplyDelete
  10. Wah.. musti waspada nie.., cz ane lebih banyak ngehabisin waktu buat duduk di depan kompi... :( thx banget ya infonya.. berguna banget.. Salam kenal..

    ReplyDelete
  11. wah,info kesehatan dikemas seringan mungkin yang cepat ditangkap oleh otak orang awam,namun tetap mempunyai isi yang dalam.makasih postingannya

    ReplyDelete
  12. Untuk Berpariwisata Online Silahkan klik Di Sini
    Untuk Menyaksikan Pohon Aneh Silahkan Klik Di Sini
    Contoh Penulis Tolol Silahkan Klik Di Sini
    Banyak Memek Bergelimpangan! Silahkan Klik Di Sini
    17 Judul Sex Asli Bisa Anda Klik Di Sini

    Salam Blogging And Salam Damai. Jangan Lua Follow

    ReplyDelete
  13. wahh infonya bermanfaat banget. ijin share ke fb yaa :)

    ReplyDelete
  14. @i-one: biar km mau baca trus ga cuek sm rasa sakit, makanya di bikin ringan hehe.. makasih ya.. :)

    @pungky: boleh bangett.. malah seneng aku :) tingkyu ya.. :)

    ReplyDelete
  15. sip banget. bermanfaat sekali artikel ini mbak :)

    baca juga ya Kisah Legenda Kuliner Nusantara

    ReplyDelete
  16. makasih rizal ;) meluncur kuliner online!! :D

    ReplyDelete
  17. Kirain angin yang keluar ketika mau duduk... :) Piss. nais inpo.

    ReplyDelete
  18. Salam

    Nice share kawan.
    Salam kenal, kunjungan awal.

    Salam kawan

    ReplyDelete
  19. wah thanks infonya baru tahu ternyata itu toh sebabbya sering di tempat saya terjadi kek gtu. salam kenal dari kodok kampus

    ReplyDelete
  20. dr dulu angin duduk itu mengerikan
    tp detailnya gk ngerti
    mungkin stroke kali yaa

    best regards
    HAN
    http://mhprihantoro.blogdetik.com/

    ReplyDelete
  21. jadi tau saya sama istilah ini .. Angin duduk, yang disebabkan karna jantung pula... terimakasih tuk infonya :)

    ReplyDelete
  22. berdakwah lewat bidangnya...hmmm..ide yang bagus bagus bagus...hoho

    ReplyDelete
  23. ohhh. jadi bukan masuk angin kasep to?
    ternyata penyempitan pembulh darah..
    jadi tahu...

    ReplyDelete
  24. Wah jadi nambah ilmu nih...

    Dengan segala kerendahan hati Ejawantah’s Blog menghantarkan Blogger Award 2011 secara bergulir kepada sahabat, dan Award dapat diambil di http://ejawantahnews.blogspot.com/2011/06/menerima-menebar-harta-karun-dari-dunia.htm.

    Dan selamat pagi sahabat semua, selamat bergembira, dan tetaplah semangat. Sukses selalu.

    Salam
    Ejawantah's Blog

    ReplyDelete
  25. Check out postingan baru saya! Ada tugas baru buat mbak :)

    ReplyDelete
  26. @Den bagas: salam kawan ;) thank ya...
    @kodok kampus: salam kenal juga kodok kampus.. :)
    @han : beda lagi loh sama stroke hehe.. mungkin mbah google bs menjelaskan lebih detailnya :p
    @majalah masjid kita: sama2... salam kenal ya ;)
    @pringga: haha.. ane bukan kyai gan..
    @choirun: yaaap!! 100!!! bukan kasep :) hehe
    @r.indra: makasih ya awardnya.. semoga bs nambah semangat buat terus nulis.. makasiiiiiih...
    @inggit: tugas apa nggit... penasasan deh,,, meluncuur..

    ReplyDelete
  27. waaaahhh,,,
    nice info,,
    bbrpa hari yg lalu dosenku meninggal,dan dnger2 karena angin duduk,,,

    ReplyDelete
  28. rez iras: innalillahi.. :( semoga kita dijauhkan dr penyakit ini dan sakit-sakit yg lain...

    ReplyDelete
  29. berarti itu termasuk penyakit yang mematikan yea,,,?

    ReplyDelete
  30. Terimakasih atas informasi yang bermanfaat ini.

    ReplyDelete

Silahkan berkata-kata di sini :)