17 August 2012

Selamat Ulang Tahun Indonesia

Selamat ulang tahun Indonesia.
Sepanjang hari ini, hampir semua orang di negara ini mengucapkan kata itu. Nggak sedikit yang memberi hormat, bahkan mengepalkan tangan sembari berteriak "merdeka" dengan lantang. Status-status di facebook, twitter, dan blackberry messenger juga nggak mau kalah mencuri perhatian.
Saya selalu terharu pada bagian itu. Nggak peduli itu benar dari hati mereka atau hanya sekedar ikut-ikutan biar keren. Saya selalu terharu melihat upacara kemerdekaan baik langsung ataupun cuma di televisi, terharu melihat orang-orang yang baris di sana. Menganggkat tangannya dan menengadahkan kepala sambil menggumamkan lagu Indonesia raya di mulutnya.

Saya terharu karena kapan lagi saya bisa melihat hampir semua orang di negara ini melakukannya dalam waktu bersamaan. Saya selalu terharu melihat pasukan paskibraka mengayunkan langkahnya beriringan dan saat itu semua mata tertuju pada mereka. Betapa bangga orang tua mereka melihat anaknya berada di sana, berpartisipasi langsung dalam hajat besar negaranya.
Beberapa bilang, ini hanya sebuah nasionalisme musiman, berkata tanpa bertindak lah.. berteriak merdeka tanpa tahu artinya lah.. macam-macam pendapat keluar.
Ah, semua orang bebas berpendapat. Karena memang keadaan yang membuat seperti itu. Dan mungkin keadaan juga yang membuat nasionalisme ini menjadi musiman. Kita atau bahkan pemerintah mampu mendongkrak nasionalisme masih sebatas 17 Agustus 1945, dan sebatas kerasnya suara memprotes negara lain saat mencuri kebudayaan kita. Disaat yang lain, semua orang akan berkutat dengan kesibukannya untuk bertahan hidup di jaman serba susah ini. Manusiawi. Ya karena memang keadaan.
Entahlan, itu yang saya pikirkan. Kalian? Mungkin akan berbeda lagi.

Selamat ulang tahun negeriku yang ke 67 tahun. Harapan saya pribadi, semoga rasa haru yang saya rasakan hari ini bisa lebih sering saya rasakan di hari-hari lain.
MERDEKA! Merdeka dari belenggu yang mengikat hati masing-masing dulu sebelum merdeka yang lain. Terutama buat yang baru saja putus cinta tapi belum bisa move on :D -ini apa coba-
MERDEKA!

11 KOMENTAR:

Bayu Putra Abuna said...

MERDEKA!! ternyata ga cuma gue yang merasakan haru ketika melihat paskib membawa merah putih lalu gagah menari di awan, haru ketika melihat atlit juara membawa nama Indoensia.

Biar bagaimanapun Indonesia ini sudah merdeka kerena merdeka dulu sama sekarang itu beda.

Iva Mairisti said...

hadeeehh kq malah nyambung ke putus cinta segala sob -_-'
merdeka..!! merdeka..!!!
sayang bgt di daerah ane, upcranya gagal total, gra2 ada yg sabotase, tali benderanya putus,,,hhmmm
miris... :(

bastian saputra said...

Merdekaa!!
Kunjungan perdana nih, salam kenal yah...
*ditunggu kunjungan baliknya ^^

nitawanita said...

cengeng juga ternyata ya :p
Merdeka!

nitawanita said...

di daerah mana itu? ckck
semoga yang sabotase putusin tali itu segera sadar, kalau putus itu rasanya nggak enak, eh.

nitawanita said...

Salam kenal juga bas :) MERDEKA!

Javas Kenzie Niscala said...

hi, salam kenal ya...
aku anggota group Blogger Energy juga
izin follow blognya ya...
ditunggu follbacknya.
MERDEKA! :)

ahmad thoyib said...

anjrit nih tampilan blog keren banget euy,,,,,,

nitawanita said...

Hi, salam kenal juga:) makasih lho udah follow. Salam bersahabat. :)
MERDEKA!

nitawanita said...

Makasih :)
Link blognya kamu mana ya? hehe maaf kau ga bisa buka google+ kamu.

TO said...

Merdeka, meski apapun arti dari merdeka itu

Post a Comment

Silahkan berkata-kata di sini :)

 

Copyright © 2010 nitawanita | Blogger Templates by Splashy Templates | Free PSD Design by Amuki